Senin, 28 November 2011

Serunya Bersepeda!

Kring.. kring.. gowes.. gowes.. Bersepeda memang mengasyikkan. Nggak hanya tubuh sehat yang didapat, tapi kita juga bisa berkumpul ama teman-teman sembari mengengkol sepeda. Nggak usah bingung milih sepeda yang pas buat kamu. Kalau cuma pengin memakai sepeda untuk jalan-jalan di komplek, cukup deh minta ortu belikan sepeda dengan jenis utility bicycle. Jangan beli sepeda gunung, ya. Sayang juga kalau enggak terpakai. Kemudian, kamu harus pikirin juga ukurannya. Buat kamu yang bertubuh mungil, hindari buat milih sepeda dengan body gede. Nanti malah enggak bisa menaikinya, hehehe…

POSITIF, NIH!
Bersepeda bisa menguntungkan kita, lho:
• Melatih jantung
Bersepeda selama 30 menit sehari diakui oleh dunia bisa meningkatkan kesehatan jantung. Mumpung masih muda, nih, sering-sering naik sepeda, yuk.
• Mengurangi polusi
Kalau biasanya kita milih untuk diantar papa mama ke tempat yang enggak terlalu jauh, sekarang naik sepeda aja.
• Relaksasi
Habis mumet di sekolah atau capek dengan rutinitas yang membosankan, kita bisa naik sepeda buat menyegarkan pikiran. Naik sepeda di sore hari bikin pikiran dan tubuh jadi lebih santai. Rambut tertiup angin dan pemandangan yang kita lihat saat naik sepeda juga terlihat beda. Semua terlihat bergerak dengan cepat. Hmmmm.... enak!

BIAR MAKIN SERU
Biar waktu bersepeda jadi lebih asyik, ada beberapa hal yang bisa kita lakuin:
• Gaya dikit
Niatin buat bergaya sporty, yuk. Pilih celana training dengan tshirt berlengan dengan tulisan atau gambar kartun. Penampilan oke bisa bikin kita lebih semangat bersepeda. Pilih penampilan yang nyaman. Enggak perlu terlihat terlalu heboh. Jangan sampai kita malah jadi pusat perhatian semua orang waktu naik sepeda.
• Pemandangan bagus
Bete juga, yah, kalau harus naik sepeda di daerah gersang atau enggak ada pemandangan sama sekali. Pilih tempat yang sejuk dan banyak pohon saja. Kalau memang niaaat banget datangi aja stadion olahraga untuk umum. Bareng dengan orang-orang lain yang juga berolahraga, kita pasti enggak malas mengayuh sepeda kita. Atau saban Minggu, kamu bisa tuh ikutan Car Free Day, dimana sebagian jalan Ahmad Yani di kota kita Pontianak selama beberapa jam hanya boleh diisi dengan pengguna sepeda saja. Pokoke bisa lebih leluasa deh bersepedanya. Tambah seru kalau bareng teman-teman atau mengajak papa mama dan saudara untuk gowes bareng…

HATI-HATI
Ada beberapa hal yang harus diperhatiin. Kayaknya sepele, tapi kalau enggak diperhatiin, tetap bisa merugikan kita
• Pelan-pelan
Uuuh, ternyata kita sudah lama enggak menggerakkan badan dengan benar, paling cuma olahraga di sekolah. Hati-hati mengayuh sepeda kita, ya. Enggak usah langsung pingin ngebut, nanti otot kaki kita malah kram. Santai saja... Banyak hal di perjalanan yang bisa kita lihat, kan.
• Kiri, kanan, kiri
Jangan anggap sepele masalah menyebrang, ya. Kalau enggak hati-hati lihat kanan dan kiri, nanti kita terserempet mobil, menabrak sepeda lain, atau malah menabrak orang lain. Ouch!
• Barang pilihan
Pilih barang-barang yang enggak merepotkan untuk dibawa bersepeda. Misal, jangan bawa tas selempang karena kalau tali tas itu terlalu panjang, itu bakal mengganggu gerakan kaki saat mengayuh. Lebih baik bawa ransel. Bawa tempat minum yang enggak terlalu besar dan punya tutup rapat. Seandainya minuman kita sampai tumpah di tas, kan, enggak lucu.
• Simpan baik-baik
HP, MP3 player, dan tempat minum harus dijaga baik-baik, nih. Taruh semuanya dalam tas dan tutup tas dengan benar. Kalau ada barang berharga jatuh di perjalanan, nanti acara bersepeda kita jadi rusak, deh.
Trus bagi yang makai earphone nih, enggak usah terlalu kencang mutar musiknya, supaya kita tetap bisa dengar suara di sekitar kayak klakson mobil atau kalau-kalau ada yang manggil kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar